~Welcome to my blog~
Posted by : Unknown Senin, 18 September 2017



  1. 1. Mengapa memilih ecommerce, jelaskan!
  2. 2. Sebutkan peluang pemanfaatan ecommerce?
  3. 3. Jelaskan kendala pemanfatan ecommerce!

Jawaban :
  1. 1. Alasan mengapa pelanggan melakukan transaksi melalui e-commerce, yaitu dapat melakukan transaksi kapan saja, bebas biaya kirim, harga yang lebih murah, dan penghematan bahan bakar kendaraan. Ternyata kenaikan harga bahan bakar minyak juga mengubah perilaku belanja. Seiring dengan kenaikan harga bahan bakar minyak, pelanggan lebih memilih belanja online dari rumah dibandingkan harus pergi ke pusat perbelanjaan dengan menggunakan kendaraan. Harga yang lebih murah melalui e-commerce disebabkan adanya pemotongan jalur distribusi.
  2. 2. Untuk mempercepat dan meningkatkan penjualan cepat maka dengan melihat perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat tersebut dapat memanfaatkan suatu layanan secara on-line yang berupa e-commerce. Dengan adanya layanan electronic commerce (e-commerce) ini maka pelanggan dapat mengakses serta melakukan pesanan dari berbagai tempat. Dengan adanya era teknologi yang canggih saat ini para pelanggan yang ingin mengakses ecommerce tidak harus berada di suatu tempat, hal itu dikarenakan di kota kota besar di Indonesia telah banyak tempat tempat yang menyediakan suatu fasilitas akses internet hanya dengan menggunakan laptop/notebook ataupun dengan Personal Digital Assistant (PDA) dengan menggunakan teknologi wifi. Maka dari itu saat sekarang sangat diperlukan dan diminati perusahaan-perusahaan yang menerapkan layanan e-commerce.
  3. 3. Melakukan kegiatan transaksi secara online berarti pelanggan akan terpaksa menyediakan sejumlah informasi pribadi yang dipersyaratkan oleh penjual. Persyaratan ini tentunya dapat mengganggu kerahasiaan dan menimbulkan issu tentang keamanan dari informasi yang disediakan. Protokol untuk proses tertentu yang belum standard, pita lebar (bandwith) telekomunikasi yang terbatas dan keterbatasan software yang digunakan, merupakan beberapa isu teknis yang mengakibatkan e-commerce masih kurang terintegrasi dengan sistem IT yang kontemporer. Disamping kendala teknis, issu non teknis juga menjadi kendala dalam penggunaan ecommerce. Masih banyak pembeli yang tidak percaya dan susah merubah kebiasaannya untuk bertransaksi tanpa bertemu langsung dengan penjualnya dan menggunakan kertas yang terbatas (paperless). Menurut Marhum Djauhari (2009), berdasarkan kenyataan bahwa hukum sering berdasar pada obyek fisik maka hal ini akan menimbulkan masalah yang serius terhadap bisnis karena ketidak pastian hukum dari proses tersebut. Status hukum dari transaksi yang dibentuk secara otomatis, belumlah jelas. Apakah mungkin untuk sebuah perjanjian atau yang lebih umum, prosedur hukum dibuat oleh sebuah komputer.


DAFTAR PUSTAKA


Wira Sakti, Dr. Nufransa. 2014. Buku Pintar Pajak E-Commerce - Dari Mendaftar Sampai Membayar: Internet dan E-commerce. VisiMedia. hal 17. http://bit.ly/2fs8r5t

Agung Wibowo, Edwin. 2016. Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis. http://bit.ly/2hyw4NW


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Wondering with Our Future - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -